Identitas :
Judul Buku            : Bulan
Penulis                   : Tere Liye
Jumlah Halaman : 400 halaman; 20 cm
Penerbit                : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit        : 2015
Cetakan ke            : satu (Maret 2015)
ISBN                       : 978-602-03-1411-2
Harga                     : Rp. 79.000,00.
Jenis Buku             : Novel

Kepengarangan :
Bulan merupakan buku kedua dari seri Bumi karangan Darwis Tere Liye. Penulis kondang yang karyanya banyak diminati oleh pembaca negeri ini. Seri kedua dalam serial “Bumi” yang beliau tulis mampu membuat pembaca setianya menanti setahun lamanya dengan rasa ingin tahu yang kuat.

Ikhtisar :
Dalam Bulan, diceritakan tentang perjuangan Raib, Seli, Ali, dan Ily di Klan Matahari. Keberadaan Ily dalam petualangan Raib, Seli, dan Ali sangat membantu dimana dia merupakan remaja yang telah terlatih kekuatannya dengan pemikiran yang matang. 
Tujuan utama dari perjalanan keempat remaja adalah mencari Bunga Matahari pertama yang mekar di seluruh Klan Matahari.Awalnya, kedatangan mereka ke Klan Matahari hanya untuk mencari sekutu dalam menjaga perdamaian antarklan serta menjaga kembalinya Si Tanpa Mahkota dari Penjara Bayangan di Bawah Bayangan. Namun, kedatangan mereka ke Klan Matahari justru dimanfaatkan oleh Fala-tara-tana IV, Ketua Konsil Klan Matahari untuk mengikuti kompetisi mencari bunga matahari yang kali pertama mekar untuk menambah kekuatan sang ketua. Akhirnya Raib, Seli, Ali, dan Ily pun mengikuti kompetisi tersebut. 
Banyak kisah petualangan mereka yang menantang dalam menghadapi ujian. Kesabaran, kecerdasan, dan kekuatan yang diuji untuk memecahkan setiap teka-teki dalam pencarian dimana bunga matahari pertama itu mekar. Perlombaan ini bukan sekedae senang-senang, melainkan suatu perlombaan yang brutal dimana mereka dapat mati kapan saja apabila tidak mampu mempertahankan diri maupun kontingennya. Bahkan, kecurangan pun terjadi dan dilakukan oleh Fala-Tara-Tana IV.
Petualangan ini diakhiri dengan kisah yang pilu. Ily menjadi korban dari keserakahan Fala-Tara-Tana IV. Ia meninggal saat berhadapan dengan Fala-Tara-Tana IV. Hukuman bagi Fala-Tara-Tana adalah dia masuk ke dalam portal yang dibuka oleh bunga matahari pertama yang mekar menuju Penjara Bayangan di bawah Bayangan. Penjara paling aman diseluruh klan.


Kelebihan :
Isi cerita sudah cukup seru akan petualangannya yang penuh rintangan, terdapat bagian cerita yang sangat klimaks sehingga membuat pembaca penasaran membacanya.

Kekurangan :
Ada beberapa tokoh yang kurang dijelaskan dalam isi cerita, terkadang hal tersebut membuat pembaca sedikit bingung atau tidak mengerti.

Keterbacaan :
Buku ini sangat cocok dibaca oleh remaja karena memberi hikmah yang berharga bagi kehidupan remaja, yakni tentang kerja keras, persabahatan, dan kepercayaan satu sama lain.