Pict: Pinterest
Hello guys!

Selamat datang, kali ini aku mau berbagi tentang tips belajar yang hobi banget aku tulis dari beberapa sumber entah itu youtube maupun instagram. Semoga membantu!

Untuk kegiatan belajar di sekolah maupun di kampus, dapat kalian gunakan beberapa tips di bawah ini:
1. Ketahui materi yang akan dibahas pada hari itu.
Hal ini agar kalian lebih siap lagi menghadapi apa yang akan diajarkan oleh guru maupun dosen kalian. Kalian juga dapat mencari atau membaca materi secara singkat dan menuliskan pertanyaan yang kalian belum paham.
2. Memperhatikan pengajar!
Memang terkadang kita sering merasa bosan atau mengantuk ketika berada di dalam kelas, tapi kita harus tetap berusaha mendengarkan apa yang pengajar ajarkan kepada kita. Hal tersebut dapat membantu kita ketika membuat rangkuman untuk belajar agar paham mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak.
3. Catat apa yang pengajar ajarkan!
Tak hanya untuk mengetahui apa yang pengajar berikan, tetapi dengan mencatat juga akan mempermudah kita mengingat apa yang telah kita terima. Catatlah dengan bahasa sendiri untuk mempermudah kita memahaminya. Kalian juga dapat merekan apa yang pengajar berikan bila diizinkan untuk menggunakan ponsel di dalam kelas.

Untuk diluar kelas, kalian bisa melakukan hal berikut ini:
1. Ketahui tipe belajar kalian.
Kalian harus tahu sebenarnya kalian lebih mudah memahami materi dengan tipe visual, auditori, ataupun kinestetik. Kalau berdasarkan tipe belajarku, cenderung pada tipe visual.
2. Ketahui kapan kalian berada di waktu yang produktif.
Beberapa diantara kita merasa beljar sepulang sekolah atau kelas adalah waktu yang tepat untuk belajar atau mengerjakan tugas karena masih mengingat dengan baik apa yang telah diajarkan. Ada yang merasa bahwa dikeheningan malam mereka lebih merasa nyaman untuk belajar karena terbebas dari gangguan yang ada. Ada pula, yang belajar di waktu pagi karena masih segarnya udara di lingkungan sekitar dan pikiran yang masih fresh.
3. Membuat rangkuman dan latihan soal.
Kalian bisa membuat ringkasan materi yang diajarkan ditambah dengan catatan yang didapat dengan membaca materi terlebih dahulu kemudian membuat catatan sederhana. Ketika dirasa mulai memahami, cari dan kerjakan latihan soal yang ada.
4. Belajar mandiri ataupun kelompok.
Beberapa diantara kita merasa nyaman ketika belajar seorang diri. Akan tetapi, belajar dengan berkelompok terkadang memberikan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang kita miliki. Dapat pula berdiskusi tentang pemecahan atas suatu masalah. Dengan catatan bahwa teman diskusi kita adalah orang yang benar-benar serius dalam belajar karena seringkali tujuan awal dilupakan ketika belajar bersama.
5. Study Plan
Untuk membuat kalian belajar lebih terorganisir, kalian dapat membuat jadwal belajar dan mencatat tugas apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak melanggar apa yang telah direncanakan.
6. Istirahat yang cukup.
Untuk menjaga tetap focus dalam belajar, istirahat dengan cukup dan jangan lupa untuk minum air putih agar tetap dalam kondisi prima.
7. Munculkan motivasi dari dalam diri dan dari lingkungan.
Kalian harus memiliki kunci motivasi dalam diri yang kuat karena hal tersebut sangat berpengaruh pada ketekunan dan konsistensi belajar. Entah dalam bentuk keinginan untuk mencapai cita-cita maupun untuk keinginan membahagiakan kedua orang tua. Untuk motivasi eksternal sendiri buatlah diri kita terdorong atas apa yang diperoleh teman maupun keluarga kita untuk memiliki prestasi atau setidaknya memperbaiki apa yang kita rasa kurang maksimal.
8. Rapikan tempat belajar kalian!

Belajar di tempat yang berantakan biasanya akan menganggu konsentrasi kita. Sehingga akan lebih baik bila kita merapikan terlebih dahulu tempat yang akan digunakan untuk belajar. Siapkan alat tulis dan alat pendukung lainnya secukupnya agar kalian dapat leluasa menggunakan tempat belajar kalian dan lebih teorganisir. Pencahayaan juga perlu diatur agar mata kalian tidak bekerja ekstra dan tetap terjaga kesehatannya.
9. Jangan gunakan system SKS
Ketika kita memaksakan banyak materi untuk dipahami dalam waktu singkat, otak akan bekerja ekstra sehingga hasilnya akan kurang maksimal. Belajarlah dari jauh-jauh hari secara kontinyu agar kalian bisa memiliki waktu lebih untuk mereview apa yang telah dipelajari.

Sekian dulu tips belajarnya, semoga membantu!