Pulau Nama Hari

Identitas :
Judul : Komet
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2018
Tebal Buku : 384 Halaman
ISBN : 9786020385938

Kepengarangan :
Komet merupakan novel ke lima dari serial “Bumi” yang merupakan salah satu novel paling ditunggu bagi pecinta buah karya Tere Liye. Sama seperti novel serial “Bumi” yang lain, novel ini menceritakan petualangan tiga remaja. Lagi-lagi, kemampuan Tere Liye dalam mengalirkan cerita dapat terasa dalam cerita ini.

Ikhtisar :
Dimulai dari keberadaan Raib, Seli, Ali dan beberapa orang berada di Klan Matahari dalam Festival Bunga Matahari. Perjalanan mencari bunga matahari yang pertama mekar. Tak seperti pada kisah yang pernah diceritakan pada novel berjudul Bulan, pada festival ini, beberapa saat sebelum bunga matahari tersebut mekar, Si Tanpa Mahkota muncul dan membuka portal untuk pergi ke Klan Komet. Tanpa pikir panjang, Ali lompat menyusul Si Tanpa Mahkota disusul Raib dan Seli. 
Tiba di Klan Komet, perjalanan mereka dimulai dari Pulau Hari Senin. Mereka bertemu dengan seseorang yang menolong mereka dari badai dan memberi mereka petunjuk untuk pergi ke Pulau Selasa mengenai tujuan mereka, yaitu mencari pulau dengan tumbuhan aneh dimana Si Tanpa Mahkota menyempurnakan kekuatannya. 
Dalam perjalanan menuju Pulau Hari Selasa, mereka bertemu dengan tokoh bernama Max yang terus bersama mereka hingga Pulau Hari Minggu. Tak diduga-duga, di Pulau Hari Minggu, terdapat pengkhianatan dari Max dimana dia adalah Si Tanpa Mahkota yang menyamar untuk dapat mencari tujuannya. Hal ini ia lakukan karena ia tak lulus di ujian terakhir di Pulau Hari Minggu yang diberikan Kay dan Nay. 

Kelebihan :
Alur cerita yang sering mengejutkan serta menegangkan karena Raib, Seli, dan Ali tidak bisa memanfaatkan alat buatan Ali dalam perjalanan mereka. Hal ini memberikan kesan baru dalam petualangan.

Kekurangan :
Cukup bosan dengan beberapa dialog yang diulang-ulang di setiap pulaunya.

Keterbacaan :
Cocok dibaca oleh remaja karena memiliki nilai-nilai yang patut untuk direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.