Identitas :
Judul                  : Pedoman Praktis Membayar Pajak
Penulis               : Astrid Budiarto
Penerbit             : Genesis Learning
Tempat Terbit    : Yogyakarta
Tahun Terbit      : 2016
Tebal Buku        : 128 Halaman
ISBN                 : 9786026475039

Kepengarangan :
            Astrid Budiarto ialah seorang penulis non fiksi yang memulai karir menulisnya sejak tahun 2012. Beberapa buku telah beliau terbitkan. Banyak pula artikel yang telah beliau terbitkan sebagai pedoman atau bimbingan pada generasi muda.
Ikhtisar :
            Buku ini disusun dengan begitu apik berisikan penjelasan menganai pajak secara runtut dimana benar-benar memulai dari suatu definisi hingga ketahapan yang lian yang lebih kompleks. Definisi pajak secara sederhana ialah sejumlah uang yang wajib dibayarkan seseorang warga Negara kepada pemerintahnya. Dijelaskan pula apa yang merupakan kewajiban warga Negara dan juga komponen undang-undang lainnya yang perlu diingat.
            Dalam buku ini juga menjelaskan tentang materi pajak penghasilan mulai dari definisi, subjek, cara menghitung, dan masih banyak lagi. Selain pajak penghasilan juga ada pajak pertambahan nilai dan pajak bumi dan bangunan. Untuk pajak pertambahan nilai, disini dijelaskan mengenai bagaimana cara untuk menghitung pajak pertambahan nilai, menjelaskan hal apa saja yang berkaitan, barang seperti apa yang tidak dikenakan pajak, dan tak lupa dengan dasar pengenaan pajak itu sendiri. Terakhir tentang pajak bumi dan bangunan. Disini dijelaskan tentang objekdan subjek dari pajak bumi dan bangunan, dasar pengenaan pajak, penetapan NJOP saat tidak ada transaksi, cara menghitung PBB, serta tagihannya.
            Pada bagian-bagian akhir, terdapat penjelasan mengenai bagaimana cara mengisi E-Filling pajak orang pribadi maupun suatu badan dan juga mengenai batas akhir pelaporan SPT tahunan badan. Penutup pada buku ini terdapat penejlasan mengenai pengampunan pajak atau yang biasa kita kenal dengan tax amnesty.
Kelebihan :
            Bahasa dalam buku ini tidak berat untuk dipahami dan cukup ringkas namun tidak membuat pembaca menjadi bingung karena bahasanya juga dibuat dengan sesantai mungkin. Adanya lapiran-lampiran tambahan dalam buku ini juga mempermudah pembaca untuk mengetahui tentang hal-hal yang berkaitan dengan pajak lainnya. Bahkan disertai dengan bonus yang membuat buku ini semakin menarik.
Kekurangan :
            Tidak adanya synopsis mengenai isi buku yang bisa saja membuat pembaa ragu untuk memilihnya sebagai referensi.
Keterbacaan :
            Cocok dibaca untuk remaja hingga lanjut usia karena bahasanya yang cukup mudah dipahami dan mampu memperkenalkan pajak pada orang awam sekali pun.





http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=56074&keywords=Membayar+pajak